Tuesday, January 17, 2012

mood for me (ditulis saat menyusun skripsi)

Holaaaa..
Notes ini saya dedikasikan untuk kalian yang sedang merasakan yang aku rasakan saat ini.
Menulis skripsi..







Ya.kata orang menulis skripsi itu mudah, mungkin di sisi lain saya bisa bilang seperti itu. Ya seperti membuat tugas harian dengan banyak mengutip dari literatur yang ada dan melakukan penelitian sendiri. Merasakan menjadi seorang peneliti.. Terdengar sangat keren!!hahaha.
Untuk saya yang seorang anak Hukum, skripsi kami biasanya memakai metode bentuk kualitatif, secara kalo pake kuantitatif apanya yg mau dihitung (ga menutup kemungkinan tapi). Nah karna kualitatif artinya saat menulis kita dituntut untuk rajin membaca yang ujung-ujungnya rajin menjajah perpustakaan.
Nah saat menulis skripsi tu yang paling susah bukan saat penelitian atau saat kalian menulis. Yang terberat adalah membangun MOOD untuk menulis. Ketika semua bahan dan data sudah tersedia di hadapan kita pun belum tentu kita MOOD buat menulis..
Huaaahh.kalo udah begini susah juga.. Bisa-bisa skripsi terbelengkalai beberapa jam/hari/minggu/bulan/tahun..aaarrrgghh. Tidaaakk! Jangan sampe deh!!
Cara untuk membangun MOOD susah-susah gampang. Terkadang ketika setengah ngantuk n MOOD datang kita bisa ga jadi ngantuk n begadang sampe besoknya. Kadang malah ketika sudah menyiapkan diri, diberi semangad oleh orang kiri kanan, minta ijin n semanga d di berbagai social networking malah ilang seketika MOOD menulisnya.
Hahaha.
Intinya kendalikan diri! Fokus! Jangan mudah terpecah konsentrasinya.
Kalo muak ngetik di rumah / kamar kost, jajah aja kamar orang lain ato pergi ke tempat ngopi, perpus atp bahkan di halaman kost. Sometimes it work for me..
Dukungan dan semangad dari orang di sekitar kita juga sangaaaaaadddd penting! Ketika kita lagi ngedown ditinggal dosen, revisi segunung, ato karna masalah apapun, dukungan mereka sangat dibutuhkan. Dan inget juga timbal balik, ketika teman kalian nyemangatin, kalo dy yang ngedown dibantu juga dibangkitkan semangadnya. Saat gini kok yang bikin kita sadar, sapa yang sebenarnya peduli ma kita.hahaha

Salam hangat di sela-sela menyuapi dedek cantik (panggilan sayang pada skripsi ku)
Rumah, Bekasi, 1 Feb 2011..
Be nice yaa february..
Ndari 0-(˘▿˘)/*

No comments:

Post a Comment