Saturday, January 31, 2015

Hei Ndar! Kenapa BKPM?

Heihoy..

Aku kembali lagi.

Seperti yang kalian sudah ketahui, pada tanggal 19 Desember 2014 yang lalu aku menerima pengumuman bahwa aku lolos Ujian CPNS di BKPM.

Apa sih BKPM itu?

Sebenarnya saat aku memberitahu beberapa orang aku diterima di BKPM banyak teman atau saudara ku yang berkata "wah selamat ya ndar, btw BKPM itu apa?"

BKPM adalah Badan Koordinasi Penanaman Modal, kantor pusatnya terletak di Jl. Gatot Subroto, Jakarta.

Pertanyaan selanjutnya adalah "itu yang tempat meminjamkan modal ya?"

hmm -_-".. penjelasan singkat ku BKPM itu bukan bank, tapi kalau kamu buka usaha sama dan ada pihak asingnya, nah pengurusan segala izinnya di BKPM.

Memang nampaknya BKPM itu lembaga yang "kurang populer" dibanding lembaga lainnya apabila kita tidak pernah berinteraksi dengan pengurusan perizinan perusahaan asing. *psss... saat ujian kemarin ada beberapa peserta yang mengira BKPM itu yang mengurus kepegawaian (itu BKN) atau bahkan lembaga yang menangani masalah KB (itu BKKBN) .

Aku sendiri memilih BKPM karena beberapa kali pernah ditugaskan kantor ku untuk mengurus perizinan klien kami ke BKPM. *baca tulisan ku sebelumnya tentang BKPM (klik disini)*. Jujur, awalnya aku hanya iseng-iseng mencoba BKPM, eh ternyata dijodohkan untuk diterima di BKPM juga. Prinsip ku, ketika sebuah pintu telah dibukakan oleh Tuhan, maka aku hanya perlu menjalani dan menikmati peran ku :)

Jadi, kenapa BKPM Ndar?

hmmmm...... selain alasan diatas, ya berdasarkan pengalaman aku bekerja di MMIK mengurus izin di BKPM ya sistem di BKPM sudah lebih rapi, transparan dan bersih daripada lembaga pemerintahan lainnya. Pada saat itu aku hanya sebagai perwakilan dari klien ku, seorang pengamat dari luar. Saat ini aku menjadi bagian dari lembaga ini. semoga hal yang kulihat dari luar bukan hanya kulitnya saja, semoga harapanku tidak terlalu tinggi :)

Good luck Ndar!

Apapun pilihanmu, nikmati dan bertanggungjawablah..

Home Sweet Home.
Diselesaikan 1 Februari 2015



No comments:

Post a Comment