Saturday, June 6, 2015

Hari Kartini - Event Pertama CPNS BKPM 2014

Heihoy kembali lagi nih dengan cerita ala Ndari.

Yap, tanggal 30 April 2015 dan 8 Mei 2015 kemarin, kami, Tim CPNS BKPM 2014 diberi kepercayaan untuk jadi panitia Peringatan  Hari Kartini, dan mungkin karena aura ku sebagai "Aku Anak Rempong" dan aura "Kasi Saya Kerjaan Remeh-Remeh" terlalu terlihat, maka saya ditugaskan untuk menjadi koordinator acara ini. *berasa balik jaman kuliah dengan segala kepanitiaan acara yang ada*.

Sebenarnya kami sudah ditugaskan untuk mengkonsep acara sejak pertengahan bulan Maret, namun perintah mulai merealisasikan acara baru turun sekitar pertengahan bulan April. Untungnya proposal acara, kepanitiaan dan konsep memang sudah kami persiapkan sejak bulan Maret. Selain itu, yang lebih bikin tenang itu karena ada teman-teman angkatan ku bisa diandalkan.

Setelah beberapa sore merapatkan rencana acara, mengalami revisi acara bertubi-tubi, akhirnya kami memutuskan membuat acara donor darah pada tanggal 30 April 2015 bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang dan acara puncak pada tanggal 8 Mei 2015.

Acara donor darah berlangsung sesuai rencana walaupun target kantong darah sebanyak 75 kantong tidak tercapai. Petugas PMI Kota Tangerang juga sangat kooperatif, sehingga acara donor darah dapat berlangsung dengan lancaaaarrr.

Rangkaian acara puncak peringatan hari Kartini pada tanggal 8 Mei 2015 terdiri dari beberapa acara dan perlombaan, yaitu:
1. Lomba Bakiak wanita antar unit kerja eselon 1 BKPM
2. Lomba Masak pria antar unit kerja eselon 1 BKPM dengan bahan utama Telur
3. Lomba Peragaan Busana Daerah antar unit kerja eselon 1 BKPM
4. Lomba Foto Grup dengan tema "Teamwork" antar unit kerja eselon 2 BKPM
5. Bazaar
6. Fashion show koleksi Javadiva Butik by Anthony Bachtiar
7. Pengumpulan donasi bakti sosial berupa uang dan barang layak pakai.

1 minggu sebelum pelaksanaan acara kami masih mematangkan konsep eksekusi acara pada hari H. Mulai dari membeli perlengkapan bakiak untuk properti angkatan *kalau mau sewa sendal bakiak boleh loo yaa. Hubungi aku :p, kami punya 2 pasang looo*, memaksimalkan peminjaman peralatan memasak -milik sendiri, mama, mamak, istri dirumah-, revisi media publikasi berkali-kali, hingga membahas mengenai detail seluruh acara.

Pelaksanaan acara puncak berjalan mulai dari jam setengah 8 pagi. Diawali dengan senam pagi seluruh karyawan BKPM di Plaza BKPM. *yang aku pikir senam akan berjalan leyeh-leyeh, dan ternyata setengah jam itu benar-benar maksimal *elap keringat*. Selesai senam, aku dan seluruh panitia langsung menyiapkan lokasi lomba Bakiak dan lomba Masak. Di sisi parkiran Eselon 1 para vendor Bazaar mulai mempersiapkan barang dagangannya *yuk mari pak bu belanja yukk*.

Pelaksanaan lomba Bakiak berlangsung sangat seru, ternyata para ibu-ibu yang menjadi peserta sangat antusias dan kompak, bahkan insiden jatuh hanya terjadi 1 kali, luar biasaaaa. Para suporter masing-masing tim pun memenuhi sisi arena perlombaan. Lomba Bakiak pun dimenangkan oleh Tim Deputi Pelayanan Penanaman Modal.

Setelah Lomba Bakiak selesai, lomba Masak pun dimulai. Para lelaki yang menjadi peserta lomba sangat bersemangat. Waktu yang diberikan panitia untuk para peserta lomba masak yaitu 30 menit. Penataan hasil masakan para lelaki BKPM sangat cantik, namun untuk rasa hehe, ada beberapa yang membuat juri tidak jadi mencicipi hehehe. Juara lomba masak kali ini adalah Tim Setama.

Setelah selesai lomba masak, panitia mengarahkan pegawai BKPM untuk berpindah ke Ruang Nusantara dimana lomba peragaan busana daerah dan fashion show dilaksanakan. Acara berlangsung lancar, seluruh tim lomba peragaan busana daerah sangat "niat". Walaupun ada ketentuan baju daerah yang dikenakan dilarang baju sewaan, tapi peserta tim tetap bisa menampilkan berbagai busana daerah yang memukau para juri.

Acara fashion show menampilkan baju koleksi Anthony Bachtiar yang dibawakan oleh model-model CPNS BKPM 2013 dan 2014. Pelaksanaan fashion show sesuai dengan rencana yang telah dipersiapkan oleh PIC fashion show. Rangkaian acara peringatan Kartini di BKPM pun berakhir ditutup dengan penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba.

Yang aku suka dari proses persiapan pelaksanaan hari Kartini selain teman-teman seangkatan ku (*para lelaki dan wanita CPNS BKPM 2014) yang tetap bersemangat sampai akhir, lengkapnya fasilitas pendukung dalam membuat acara di BKPM terutama di Ruang Nusantara juga makin bikin bahagia deh. Panggung kece lengkap dengan efek moving lighting dan soundsystem menggelegar makin bikin tingkat ke-kece-an acara yang kami adakan meningkat drastis.

Proses persiapan acara ini membuatku jadi terkenang masa-masa membuat event di Sanggar Kesenian APAKAH FH UGM dan KMHD UGM *walau KMHD UGM organisasi berlandaskan keagamaan, tapi kami produktif juga loo membuat acara kesenian hehe*. Pada masa-masa itu seluruh permasalahan yang ada diakibatkan oleh terbatasnya dana yang kami miliki. Hal ini menyebabkan kami wajib melakukan penghematan anggaran untuk sewa lokasi acara, panggung, lighting dan dekorasi panggung. Bahkan pernah kami membuat acara pementasan teater dengan bermodalkan Rp100.000,00 dan tetap berhasil, luar biasa lah. Paling tidak hal ini yang membuat kami semakin kreatif. Bagaimana memanfaatkan segala sumber daya yang kami miliki termasuk lingkaran pertemanan dengan berbagai komunitas lainnya *Jogja itu gudangnya komunitas dengan garis kekeluargaaan yang erat, jadi kalau butuh bantuan tinggal minta tolong aja pasti banyak yang bantu :') kangen Jogja*. Menurut ku proses yang dilalui dalam pembuatan karya itu lah yang membuat suatu karya yang dihasilkan menjadi bermakna.

Bekasi, diselesaikan 6 Juni 2015
Terima kasih Team #CPNSBKPM2014 :)

- Berikut beberapa foto-foto pada saat pelaksanaan rangkaian peringatan Hari Kartini 2015 -
Senam bersama 

2014 :) 

Pameran Lomba Foto

Meja bahan lomba Masak


Lomba Bakiak

Sebagian kecil Panitia CPNS BKPM 2014

Juri dan sebagian hasil Masakan

Model CPNS BKPM 2014

Lomba Peragaan Busana

No comments:

Post a Comment